Pengalaman Ganti Mesin Tv Universal Led Board Dan Tv Sharp Gejala Lampu Merah Menyala Dan Mati

Assalamualaikum wr.wb malam sob hehehe, hari ini saya membagikan pengalaman perbaiki tv merk LG lcd Dan tv sharp. Untuk tv LG saya beli tv bekas tapi keadaan rusak tanpa mainboard tapi psu panel dan lain lain masih lengkap. Coba saya ubek ubek situs toko online harga mb yang di bandrol terbilang mahal harganya 300rb wow hehehe kebetulan buka facebook eh ada yang menawarkan mainboard universal dan harganya Rp 209.000 langsung aja beli mumpung lagi promo di tokopedia gratis ongkirrrr. Setelah sampai barangnya eh ada kendala yaitu pada saat saya tes layar  eh protect coba konsultasi ke juragan katanya benar cara pemasangan, setelah menunggu beberapa menit katanya kabel hitam di potong dan saya potong saya tes ternyata tvnya sudah menyala, kenapa di potong karna pin ground masuk ke panel vcc power 5v ya jadi protect. Dan sekarang tinggal di rakit



Eh tapii setelah saya buat tonton beberapa jam tiba tiba tvnya protect lagi dari merah ke biru merah lagi hadew kenapa ini, bongkar tvnya coba saya copot kabel Inverter saya nyalakan ternyata blok Inverter rusak. Dari pada bikin pusing kebetulan di kantong ajaib ada dc step down supaya dc step down mati secara otomatis maka saya tambahkan transistor tipe npn dan resistor 10k saya pasang ke standby fungsi resistor untuk mengurangi panas di transistor. Seperti gambar di bawah ini


Setelah pemasangan tv sudah menyala seperti sedia kala, aku raba komponen gak ada yang panas test running sampai 6 jam cek komponen cuma hangat hehehe.

Setelah selesai mengerjakan tv kedatangan lagi tv sharp Q Vision gejala ketika di nyalakan lampu merah hanya menyala sekali setelah itu mati. Saatnya bongkar, coba cek sana sini saya tertuju sama flyback yang kelihatan fisiknya sudah buram dan kabel nya kaku sekali aku cabut dan cek ternyata pin no 2 dan 3 short kebetulan saya ada flyback sama tanpa pusing ganti saya dan bismillah dan byarr sudah menyala hehehe



Oke itu saya coretan yang saya ketik mudah mudahan artikel ini sangay bermanfaat buat yang lagi belajar elektronika newbie seperti saya dan mohon klik iklan di bawah ini yah hehehe supaya saya semangat mengeblog. Pamit wassalamualaikum wr.wb

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengalaman Ganti Mesin Tv Universal Led Board Dan Tv Sharp Gejala Lampu Merah Menyala Dan Mati"

Comments