Cara Modifikasi Backlight Tv Led Samsung Rusak Pada Driver Inverter

Sebenarnya ini kerusakan tv led samsung ini pernah saya sharing ke Facebook pada saat masih bulan ramadhan hehehe. Nah kebetulan saya mendapatkan garapan tv led samsung suara ada tapi gambar tidak ada jika di senter ke layar ada gambar remang remang kalo filing saya pasti lampu led ada yang mati 1 atau 2 mungkin. Langsung aja deh saya bongkar tvnya, sebelum di bongkar saya cek tegangan Backlight nya pas saya cek tegangan ternyata naik turun dari 30v turun sampai 19 dan balik lagi ke 30v. Bongkar panel coba cek lampu 1 per 1 masih bagus. Kayanya ini rusak pada ic driver BD93941FP cek toko online ketemu di aliexpress tapi harganya itu mahal sekali 250rb waduh mending beli psu aja sekalian. Terbenak di pikiran bagaimana supaya lampu ini bisa menyala. Liat lampu led di plapon aha pake ini saja. Langsung aja cari lampu led yang murah dapat harganya 7rb yang 5 watt. Sebelum tahap percobaan cek tegangannya berapa, saya cek teganganya 28v. Langsung saja ambil solder uap dan saya pasang dan perhatikan + dan -


Dan langsung test dengan keringat dingin takut gosong lampunya dan menyala saya cepat cepat lepas kabel ac sambil cek lampu ternyata adem aja gak panas dan saya test lagi ya kurang lebih 5 menit cabut kabel dan raba lampunya ternyata masih adem hehehe. Oh iya jangan meraba lampu lagi menyala karna menyetrum dan elko langsung meledak. Dan maaf foto pas running test gak sempat saya foto. Untuk on off lampunya saya menggunakan relay 5v arus saya ambil dari usb dan arus putus ke kabel ac.




Terima kasih yang sudah mampir di blog zabirali.blogspot.com dan mohon bantu klik iklan di bawah yah supaya saya semangat mengeblog hehehe. Semoga postingan yang saya buat semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Cara Modifikasi Backlight Tv Led Samsung Rusak Pada Driver Inverter"

  1. Nah gimana kalau monitor led pc yang punya kabel backlight Biru-hitam-coklat-merah-orange-kuning gimana jalurnnya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jngan berpatokan sma kabelnya liat fungsi jalurnya

      Delete
  2. Sy sdh sering pake cara ini hasilnya gk puas..nyala lampu kurang cerah..efeknya kwalitas gambar kurang kontras..tipis dan redupp..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ini dlu susah cri sparepart. Msih taun 2016 blm ada jual ic, dc step up jdi kita hrus kreatif klo mw di buat cerah bsa cma rubah resistornya aja. Sekarang sdh gak jaman pke ini, pakenya dc step up dan ada pin ena nnti klo sempat ku posting

      Delete
  3. Saya juga pakai cara ini lebih hemat lebih cepat kalo masalah kontras pinter kita ngakal tegangan pada drever lampu b+ nya .

    Saca ini sangat efektif kagak ribet . Ndang cair ndang bayaran .

    good share gan .lanjutkan

    ReplyDelete

Comments